Friday, May 20, 2016

Definisi Tumbuh tumbuhan

Tumbuhan adalah organisme eukariota multiseluler yang tergolong ke dalam kerajaan Plantae.
Tumbuhan terbagi atas beberapa kelompok yakni :

Tanaman berbunga
Tumbuhan berbiji terbuka
Lycopodiopsida
paku-pakuan
lumut serta beberapa jenis alga hijau.
Tanaman hijau memiliki dinding sel yang kokoh serta mengandung selulosa .
Hampir semua anggota tumbuhan bersifat autotrof , yaitu kemampuan memproduksi energi sendiri dengan cara mengubah keberadaan energi cahaya matahari melalui proses yang kita kenal dengan istilah fotosintesis dalam sebuah organel sel bernama kloroplas.
Karena warna hijau yang dominan pada anggota kerajaan ini, nama lain yang dipakai menyebut tumbuhan adalah Viridiplantae atau tumbuhan hijau.
Nama lain viridiplantae adalah Metaphyta .
beberapa karakter tumbuhan ditemukan:
bersifat parasit
Tak dapat  berfotosintesis
memiliki sedikit atau bahkan tanpa klorofil .
Tanaman yang dikarakterisasikan  umumnya dikenali dari cara berkembang biak
kemampuan pertumbuhan
dan pergiliran keturunan .
Dalam dunia botani,Tercatat sekitar 350.000 spesies organisme hidup,dan ini disebutkan dengan tidak memasukkan alga hijau.
Dari jumlah itu, 258.650 jenis merupakan tumbuhan berbunga dan 18.000 jenis tumbuhan lumut .
Tumbuhan hijau menghasilkan hampir seluruh molekul oksigen di muka bumi ini dan merupakan bagian terpenting dalam sistem ekologi bumi.
Tumbuhan-tumbahan yang sudah di domestikasi bisa menghasilkan biji, buah-buahan dan sayuran yang berguna sebagai bahan dasar pangan manusia.
Selain itu tumbuhan juga digunakanan sebagai tanaman hiasan dan banyak yang berkhasiat obat serta digunakan dalam ilmu medis . Ilmu mengenai studi tanaman disebut botani, yakni salah satu cabang ilmu biologi . Ciri yang segera mudah dikenali pada tumbuhan adalah warna hijau yang dominan akibat kandungan pigmen klorofil yang berperan vital dalam proses penangkapan energi melalui fotosintesis. Dengan demikian, tumbuhan secara umum bersifat autotrof. Beberapa perkecualian, seperti pada sejumlah tumbuhan parasit, merupakan akibat adaptasi terhadap cara hidup dan lingkungan yang unik Karena sifatnya yang autotrof, tumbuhan selalu menempati posisi pertama dalam rantai aliran energi melalui organisme hidup ( rantai makanan). Tumbuhan bersifat stasioner atau tidak bisa berpindah atas kehendak sendiri, meskipun beberapa alga hijau bersifat motil (mampu berpindah) karena memiliki flagelum . Akibat sifatnya yang pasif ini tumbuhan harus beradaptasi secara fisik atas perubahan lingkungan dan gangguan yang diterimanya. Variasi morfologi tumbuhan jauh lebih besar daripada anggota kerajaan lainnya. Selain itu, tumbuhan menghasilkan banyak sekali metabolit sekunder sebagai mekanisme pertahanan hidup atas perubahan lingkungan atau serangan pengganggu. Reproduksi juga terpengaruh oleh sifat ini Pada tingkat selular, dinding sel yang tersusun dari selulosa , hemiselulosa , dan pektin menjadi ciri khasnya, meskipun pada tumbuhan tingkat sederhana kadang-kadang hanya tersusun dari pektin. Hanya sel tumbuhan yang memiliki plastida ; juga vakuola yang besar dan seringkali mendominasi volume sel.
(Sumber : wikiflora)


EmoticonEmoticon